Sunday, April 19, 2015

Perlukah PERTALITE hadir menggantikan PREMIUM ?

PT. Pertamina dalam waktu dekat akan meluncurkan produk bahan bakar minyak (BBM) varian baru Pertaliter. varian itu memiliki kandungan oktan 90 (RON90). Pertamina menyiapkan bahan bakar jenis pertalite diperkirakan untuk menggantikan keberadaan PREMIUM yang memiliki kandungan oktan 88 (RON88). Pertanyaannya, perlukah pertalite ini hadir?


Perbandingan bahan bakar di Indonesia dengan negara - negara di ASEAN.
 
 Di Malaysia, harga bensin RON 95 sebesar 2,30 ringgit (sekitar Rp 8.400).S edangkan bensin di Thailand dan Singapura, masing-masing mengandung oktan 91, 92, dan 95. Di Singapura, harga BBM RON 95 saat ini sebesar Rp 19.643 per liter, lebih tinggi dari Pertamax Plus di Indonesia. Dan, harga minyak paling murah di Asia Tenggara ialah Brunei Darussalam dengan RON 98 seharga BND 0,53 atau Rp 4.100 per liter.
Sedangkan di Indonesia sendiri, Pertamina memiliki jenis bahban bakar PREMIUM yang memiliki nilai oktan 88 (RON88), terendah dari negara-negara yang ada diatas.Dengan kisaran harga Rp.6.700/lt.

Kenaikan spesifikasi kendaraan - kendaraan saat ini.
 
Quote:Tak bisa di pungkiri perkembangan zaman dan perkembangan teknologi saat ini membuat pabrikan pabrikan kendaraan bermotor baik roda 2 ataupun roda 4 berpacu mengembangkan produk nya menjadi suatu kendaraan yang paling hebat.
Mereka membuat kendaraan semakin nyaman, kencang, ramah lingkungan dan efisen dalam penggunaan bahan bakar.

Jadi, akan lebih baik apabila kendaraan yang sudah memiliki mesin yang ramah lingkungan di barengin dengan bahan bakar yang juga ramah lingkungan.


 Kisaran harga PERTALITE


Quote:Vice President Fuel Marketing Pertamina, Muhammad Iskandar mengatakan, dengan kadar oktan tersebut, harga untuk BBM jenis baru tersebut akan berada di bawah Pertamax yang saat ini di level Rp 8.600 per liter namun di atas Premium yang saat ini ada di level Rp 6.800 per liter.

"Harganya medium antara Rp 8.000 per liter hingga Rp 8.300 per liter. Sehingga jarak harga dengan Premium dan Pertamax tidak terlalu jauh," ujarnya di kawasan Cikini, Jakarta, Minggu (19/4/2015).(Liputan6.com)
 

 Jadi, kalo menurut ane sih gan PERTALITE ini perlu hadir karena kendaraan kita perlu bahan bakar yang memiliki kualitas nilai RON yang lebih baik. Tetapi dengan catatan harganya yang terjangkau.
Kita lihat saja keputusan pemerintah untuk PERTALITE ini, apakah kehadirannya akan menggantikan PREMIUM atau akan menjadi jenis bahan bakar baru tanpa mengahpus jenis PREMIUM.


Sumber



No comments:

Post a Comment