Wednesday, November 21, 2012

8 'Macan' Teknologi Asia

Jakarta - Cukup banyak perusahaan teknologi yang berbasis di Asia berjaya. Tidak hanya di level domestik saja, namun juga berkibar di mancanegara.

belum lama ini, majalah bisnis bergengsi Forbes menyusun daftar perusahaan teknologi  paling top asal Asia Tenggara. Beberapa faktor jadi pertimbangan, seperti nilai pendapatan, kestabilan harga saham, keuntungan dan sebagainya.

Berikut 8 'Macan' teknologi Asia fersi Forbes, yang diurutkan berdasarkan jumlah pendapatan tahunan terbesar, seperti dikutip DetikNet dari silicon India, Kamis (22/11/2012).

1. Samsung Electronics - USD 142,4 Miliar


Samsung Electronic tidak bisa dipungkiri adalah raksasa teknologi. Perusahaan asal Korea Selatan ini bahkan diseut-sebut sebagai vendor elektronik terbesar di dunia dalam hal pendapatan.

Dibidang ponsel dan televisi, mereka adalah produser terbesar sejagat. Disamping itu, Samsung juga membuat hampir semua jenis produk elektronik.

2. Quanta Computer - USD 36.6  Miliar


Vendor asal Taiwan adalah vendor perakit komputer laptop terbesar di dunia berdasarkan jumlah pendapatan. Saat ini, Quanta merakit komputer untuk beberapa perusahaan global.

Diantaranya Apple, Hewlett Packard, Google dan Amazon. Perusahaan yang didirikan tahun 1988 ini memiliki lebih dari 100 ribu karyawan.

3. Lenovo Group - USD 29.6 Miliar


Lenovo merupakan produsen komputer terkemuka di dunia. Berdasarkan riset dari Gartner, Lenovo saat ini adalah pembuat komputer terbesar di dunia, mengalahkan jawara sebelumnya, Hewlett Packard yang asal Amerika Serikat.

Lenovo beroperasi di 160 negara. Mereka juga terkenal berkat aksi akuisisi divisi bisnis komputer ThinkPad dari IBM.

4. Bharti Airtel - USD 14 Miliar

Didirikan pada tahun 1995, Bharti Airtel adalah operator telekomunikasi top di India. Mereka melayani tiga bidang bisnis, yaitu layanan mobile, telemedia dan enterprise.

Selain di India, Bharti Airtel juga beroperasi di Afrika. Jumlah pegawainya di kisaran 20 ribu orang.

5. Tata Consultancy Services - USD 9.6 Miliar

Perusahan ini juga berbasis di India. Mereka adalah perusahaan teknologi informasi yang cukup banyak melayani klien asing.

Jumlah pekerja Tata Consultancy Services mencapai 243 ribu orang. Bisa dibayangkan besarnya perusahaan yang satu ini.

6. Digital China Holdings - USD 9.1 Miliar

Digital China Holdings adalah perusahaan teknologi terkemuka yang berbasis di China. Mereka menyediakan layanan IT terintegrasi kepada para kliennya.

Perusahaan yang didirikan pada tahun 2001 ini tercatat memiliki sekitar 13 ribu pegawai.

7. Tencent Holdings - USD 4.5 Miliar

Tencent Holdings merupakan perusahaan internet terbesar di China dalam hal jumlah pendapatan. Mereka awalnya bergerak di bidang layanan instant messaging sebelum merambah sektor bisnis lainnya.

Saat ini, mereka juga berstatus sebagai operator game online terbesar di China. Tencent Holdings juga terjun di bidang layanan video online dan e-commerce.

8. HCL Technologies - USD 3.8 Miliar

HCL Technologies tercatat sebagai perusahaan IT terbesar keempat di India. Perusahaan teknologi ini bergerak di banyak bidang bisnis.

Di antaranya layanan software, infrastruktur, networking dan sebagainya. Saat ini, jumlah pekerjanya sekitar 84 ribu orang.
 
 


No comments:

Post a Comment