Friday, November 23, 2012

10 Hal yang Unik di Jepang

  1. Di Indonesia, bila kita menawarkan barang bekas ke took maka jika laku kita akan dibayar. Berbeda dengan di Jepang dimana kita justru harus membayar jika menitipkan barang bekas kita di toko. Inilah yang membuat orang Jepang membuang barang-barang bekasnya di tong sampah daripada harus membayar. 
  2. Acara televisi di Jepang di dominasi oleh acara masak-masak dan makan-makan. Di musim panas, stasiun televisii di Jepang banyak memutar film horror. 
  3. Di Jepang, untuk jasa foto copy anda harus melakukannya sendiri prosesnya. Anda dikenakan biaya penggunaanya saja. 
  4. Bila anda naik taxi di Jepang, anda akan mendapati fakta bahwa para supir taxi akan membukakan anda pintu ketika masuk dan membukakan pintu saat anda keluar. Penumpang tidak diperkenankan untuk membuka dan menutup pintu sendiri. 
  5. Naik sepeda di Jepang juga ada aturan ketatnya. Dilarang membonceng orang lain kecuali yang membonceng berusia di atas 16 tahun, itu pun tidak boleh membonceng lebih dari satu orang saja. 
  6. Bila anda naik tangga jalan di Jepang, berdirilah di sebelah kiri, karena jalur kanan diperuntukkan bagi orang yang sedang terburu-buru. 
  7. Kalau anda ingin pacaran dengan cewek asli Jepang di Jepang, anda harus siap mental dengan perbedaan budaya yang ekstrim. Misalnya soal traktiran. Di Jepang, kalau belum resmi menjadi suami istri maka setiap kali makan bersama harus bayar sendiri-sendiri. 
  8. Kata Aishiteru yang kita kenal sebagai kalimat pengungkapan rasa cinta seperti I love you dalam bahasa Inggris, ternyata jarang digunakan dalam masa pacaran. Kata Aisitheru baru digunakan bila dua sejoli sudah sepakat untuk segera menikah. Untuk  yang masih pacaran lebih sering menggunakan kata Daisuke desu. 
  9. Soal mengantar jemput pacar juga berbeda dengan Indonesia. Ketemuan da berpisah di stasiun lebih lumrah disbanding menjemput dan mengantar ke rumah.
  10. Kalau mau berkunjung ke rumah orang Jepang, jangan main datang saja. Anda harus meminta ijin terlebih dahulu. Datang ke rumah orang tanpa ijin atau konfirmasi sebelumnya termasuk tindakan kurang sopan di sana.

No comments:

Post a Comment