Wednesday, September 19, 2012

Bisnis Cepet Melesat Waspadai Hal Ini

Sebelumnya ane mau tanya nih,
1. Buat agan yang belum punya bisnis, apa yg jadi target agan?

2. Buat agan yang udah punya bisnis, alias bisnisnya udah jalan, apa yg jadi target agan?

Sebaiknya jawab dulu ya gan sebelum lanjut....hhe

Nah, sambil agan mikirin jawabannya, ane ngupi dulu ya sedikit..hhe.
Sekarang boleh lah agan lanjutin bacanya. cekidot gan...


Dari dua pertanyaan diatas, biasanya jawabannya nggak jauh2 gan,
1. Kepingin bisnisnya lanching atau running, bisnisnya diketahui orang, minimal tetangga, teman dekat. itu dulu yang terdekat.

2. Bisnisnya tumbuh dengan cepat, bisa orderan yang terus banjir, omzet yang melezit atau cabangnya/agennya/mitranya nambah buanyak, kalau bisa dalam waktu singkat, alias nggak pake lama. Hhe

Nah, kira2 jawaban agan, sama, serupa atau mirip2 gitu gak tuh??

Kalau iya, itu bagus gan. Kita emang kudu punya target. Artinya dua jawabannya diatas emang lumrah. Tapi disini ada yang perlu agan waspadai.

Waspada?? Kenapa musti waspada?? Waspada terhadap apa??

Bisnis itu gan, klaau udah jadi passion, apalagi ditambah hasil yang udah mulai keliatan, akan bikin kita jadi tergila-gila. Nggak puas terus, selalu kepingin hasil yang lebih, lebih besar, lebih banyak, lebih cepet.

Nah, disini ane perlu tekanin gan, karena merupakan titik kritis. Terkadang kita terlau keburu napsu, kepingin cepet2 aje, cepet melabarkan sayap, cepet ekspansi, tambah kapasitas, tambah cabang, tambah investor dan lain-lain.

Tapi kita sering lupa soal KESIAPAN. Ya, kesiapan gan. Agan harus SIAP dengan kapasitas yang lebih besar, SIAP dengan ngelola cabang yang banyak, SIAP berbagi dengan investor yang banyak n aneka kesiapan lainnya.

Tanpa KESIAPAN, bisnis agan malah bisa jadi berantakan. Kok bisa?? Bisa gan! Dan udah banyak kok contohnya.

Ane sedikit share aja nih. Ada sebuah merek makanan cepat saji, sebutlah mereknya X. merek X diawal berjalan memang cukup dikatakan berhasil, dengan omzet yang lumayan. Oleh itulah si pemilik berpikiran untuk ekspansi bisnisnya ini, dia buka sistem waralaba. Berhubung konsep waralaba emang lagi ngetren kala itu karena cara cepet bikin cabang nambah banyak tanpa modal gede.

Setelah dia buka waralaba, banyak investor yang berminat join ke bisnis X ini. Dalam waktu singkat cabangnya banyak di mana-mana.

Tapi sekarang, agan tau gak gimana nasibnya bisnis X ini? Rontok gan.
Satu demi satu cabang yang ada bangkrut, gulung tikar. Yang tersisa cuba beberapa, itupun udah nggak lagi sesuai dengan konsep awal, resepnya udah beda, rasanya udah nggak orisinil. Bisa dibilang tiap cabang berdiri sendiri, nggak punya karakteristik yang jelas. gimana gan kalau udah gini?? jangan sampe dah ya!

Nah,... apa kira2 pesannya gan??

Ya, agan perlu target mau gimana bisnis gan tumbuh, tuliskan pencapaian2 yang agan inginkan. Jalani dan nikmati prosesnya, sembari itu mulailah agan bangun sistem utk bisnis agan. Jangan keburu buru ekspansi besar-besaran kalau gan belum siap dari sisi internal, kuatin dulu fondasi bisnis agan. Dan yang nggak kalah penting siapin juga mental dan ilmunya gan.

Ilmu nyetir motor beda donk sama ilmu nyetir mobil, beda juga kalau mau nyetir pesawat, bukan begitu gan??hhe

Jadi, belajar terus...terus belajar...!
Insyallah Pillar siap jd tempat belajar buat agan! Hhe

Mau bisnis yang cepet naik tapi cepet turun atau bisnis yang bertahan lama?? Itu pilihan agan!

Okeh, selamat berkaya gan, semoga makin sukses di bisnis agan masing2 masing.

Salam Entreprenur, Maju UMKM Indonesia




PILLAR.UKM
Contributor

UserID: 3721534
Join Date: Nov 2011
Posts: 304
PILLAR.UKM  akan menjadi terkenal

No comments:

Post a Comment