Thursday, September 6, 2012

Mengenal Mahakarya di Era Kontemporer

Saat mendengar kata Mahakarya, kita sering membayangkan hasil karya agung yang dibuat oleh para leluhur kita dimasa lampau. Saat mendengar kata Mahakarya, maka benak kita menerawang kepada candi, batik, keraton, prasasti, kitab cerita kuno, dan hal-hal semacamnya.

Naah .. mahakarya sendiri jika dibagi bisa menjadi 2 niih gan :  
1. Mahakarya dibuat oleh Sang Pencipta. 
2. Mahakarya adalah karya yang dibuat oleh manusia 

Ane kasih contoh niih gan mahakarya kontemporer yang dibuat oleh manusia

Mahakarya yang dibuat oleh manusia

Patung batu

Seniman petani Padepokan Tjipta Boedaja Tutup Ngisor, di kawasan Gunung Merapi, Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Marmujo, merintis karya patung khusus topeng wayang batu bertumpu kepada basis kesenian wayang orang komunitas itu.




Gitar batik

Gitar batik ini salah satu mahakarya man made gan … kebetulan pembuatnya kaskusers juga
namanya Mas Guruh sabdo nugroho  








Mahakaya ciptaan sang Pencipta 

 Raja Ampat

Ini mahakarya ciptaan Tuhan gans, … letaknya di papua gan… keren banget kagak usah ke Maldives..... ini jauuh lebih indah
Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.
Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya

 Gunung Bromo


Gunung bromo ini letaknya di jawa timur dan dikategorikan sbg gunung aktif
Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.

Tidak salah jika kita sering menafsirkan istilah mahakarya ini dengan sesuatu yang luhur & adiluhung peninggalan para moyang kita dimasa lalu. Namun, sebenarnya, karya-karya spektakuler yang dibuat oleh putra-putri bangsa kita pada era sekarang juga seharusnya bisa kita anggap sebagai Mahakarya.

Nusantara dengan ragam budayanya tentu bisa jadi sumber inspirasi kita untuk menciptakan berbagai mahakarya. Gilaaa kereeen bangeet…. Naah agan2 yook gan ngumpulin mahakarya yang ada di sekitar loe, kali aja tetangga buat mahakarya yang luar biasa atau agan sendiri punya?
yook gan Tuangkan langsung gan… ini bentuk dari apresiasi kita kepada bangas looh.. kiss



sumber kaskus :
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=16280630
newbie

UserID: 2749555
Join Date: Mar 2011
Posts: 80
koranpagipagi  akan menjadi terkenal

No comments:

Post a Comment