Tuesday, September 18, 2012

Tahun Depan Tarif Listrik Naik per 3 Bulan


Untuk menekan anggaran subsidi listrik yang terus meningkat dari tahun ke tahun, pemerintah bakal mengusulkan tarif listrik di 2013 naik tiap triwulan (3 bulan).

Demikian disampaikan SBY dalam pidato Nota Keuangan 2013 di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (16/8/2012).

"Dalam rangka menurunkan beban subsidi energi, khususnya subsidi listrik, dalam tahun 2013 pemerintah mengusulkan kepada Dewan (DPR) yang terhormat rencana penurunan beban subsidi listrik, melalui penyesuaian tarif tenaga listrik (TTL) secara otomatis setiap triwulan, mulai bulan Januari 2013," tegas SBY.

Penyesuaian tarif listrik dilakukan secara otomatis secara berkala ini menurut SBY diterapkan oleh banyak negara di dunia, antara lain karena beban bagi konsumen terasa lebih ringan dibanding dengan penyesuaian yang hanya dilakukan setiap satu tahun atau lebih. Namun SBY belum menyatakan besaran kenaikan tarif listrik yang diusulkan tahun depan.

"Penyesuaian TTL ini tentu harus disertai dengan perbaikan struktur tarif dan perbaikan efisiensi terus menerus. Subsidi BBM juga harus kita kendalikan. Kita akan melanjutkan upaya perbaikan mekanisme penyaluran subsidi agar lebih efisien, efektif dan tepat sasaran," kata SBY.

SBY menyatakan, volume BBM bersubsidi akan dikendalikan melalui optimalisasi program konversi minyak tanah ke elpiji tabung 3 kg, peningkatan pemanfaatan energi alternatif seperti Bahan Bakar Nabati (BBN) dan Bahan Bakar Gas (BBG), serta pembatasan volume konsumsi BBM bersubsidi secara bertahap.

Sumber:
http://wargascrew.16mb.com/berita-da...-tiap-3-bulan/

UPDATE: Suara Rakyat
Originally Posted by arkania View Post
Mustinya ada cara yang lebih baik selain memaksa rakyat berhemat dan menaikkan tarif listrik bagi mereka yang masih menggunakan listrik berbayar dari pemerintah.. Bukankah energi itu ada di jagat raya ini dan seharusnya gratis ?

Kebrengsekan utama soal pelistrikan di negeri ini bersumber dari tata kelola dan tataniaga listrik kita.. Perlu diketahui, listrik PLN itu beli dari swasta atau pihak ketiga, dan harga dikontrol oleh mereka dengan seribusatu alibi MENYESUAIKAN HARGA PASAR..

Warga perlu didukung dan didorong untuk menciptakan energi alternatif.. Tapi politik energi di Republik ini memang brengsek..!!

1. Kalau anda mau mengimport solar cell panel untuk mendapatkan supply energi bagi rumah anda, siap-siaplah ditegur dan didenda petugas PLN, belum lagi pajak import-nya kelewat mahal, sebab masih dikategorikan Barang Mewah (PPN plus PPN-BM plus BEA-LALU BEA lainnya).

2. Kalau anda berencana membuat listrik desa dari turbin buatan dengan mengandalkan dinamo sederhana, maka siap-siaplah anda berpayah-payah tanpa ada uluran tangan, dukungan birokrasi setempat, apalagi kredit perbankan..

3. Kesimpulannya sederhana, SBY terlalu takut pada kekuatan lobby dan kuatnya kartel konspirator politik energi di Indonesia yang juga punya jejaring internasional.. Kapitalisme Global bidang energi adalah perputaran uang trilyunan dollar per jam..




4nt00
kaskus maniac

4nt00's Avatar

UserID: 2933679
Join Date: May 2011
Location: Barcen = Ready
Posts: 4,550
4nt00  akan menjadi terkenal4nt00  akan menjadi terkenal

No comments:

Post a Comment