Tuesday, September 4, 2012

JB, Maestro Mekanik dibalik Kemenangan The Doctor

The origin and story of a Valentino Rossi
Karena suka membolos, melanggar peraturan sekolah dan terlalu asyik dengan motornya , Rossi tak pernah mendapatkan ijazah SMAnya, bahkan gurunya pun kesal padanya.
"Kamu tidak akan bisa apa-apa, bahkan untuk membeli makan malam jika kamu terus
berkutat dengan motor !"

Kalimat sang guru ini sangat mengganggu Rossi. Ia bertekad membuktikan pada gurunya dan seperti yang kita lihat , dia berhasil melakukannya.

Pentas Moto GP menelurkan seorang pembalap legendaris di era masing-masing. Dan Valentino Rossi salah satunya. Betapa tidak 9 gelar juara dunia moto GP diraihnya. Tujuh kali di GP 500cc, 1 gelar di GP 125 cc tahun 1997, dan 1 gelar di GP 250 cc tahun 1999. Rossi dan balap moto GP telah menjadi bagian yang tak terpisahkan.Tanpa Moto GP nama Rosi belum tentu berkibar. Tanpa Rossi ajang Moto GP mungkin terasa hambar sebab Rossi telah menjadi ikon tersendiri.
Bagaimana Rossi bisa sedemikian sukses ? Pretasi Rossi berbanding lurus dengan perjuangan dan passionnya yang sangat kuat di dunia balap. Rossi pembalap bermental juara .Berani mengambil keputusan, selalu berusaha membalap dengan maksimal dan selalu ingin menghibur penonton dengan aksi-aksinya di lintasan. Dia terus berjuang dan tak kenal kata puas.

Saat terjatuh ia lebih sering menyalahkan dirinya sendiri daripada kru atau motornya. Bagi Rossi sikap mental adalah harga mati. Ia tidak pernah berpikir hal lain saat bertarung dengan motornya. Jika banyak berpikir justru akan menemui kegagalan.  
 Rossi tentu tak berjalan sendiri. Ada banyak nama di balik kesuksesannya. Pertama ayahnya sendiri,kedua ibunya.
Sayabf, kedua oang tuanya akhirnya bercerai. Ketiga Jeremy Burgess alias JB, kepala mekanik motor balap, orang yang terpenting bagi karir Rosi, Saking pentingnya orang ini Rossi sampai memberi indikasi bahwa ia akan terus membalap dengan syarat Jeremy masih ada di sisinya. Rossi dan Jeremy tampaknya klop tak hanya dari sisi teknis
namun juga psikologis.

Siapa musuh dalam selimut bagi Rossi ? Dialah Jorge Lorenz, rekan satu teamnya di Fiat Yamaha. Mengapa ? Meski satu tim mereka memiliki privasi dan strategi sendiri-sendiri. Sejak awal Yamaha memang tidak membuat kebijakan mana pembalap pertama dan kedua. Ada faktor persaingan dan gengsi di antara keduanya. Rossi jelas enggan dibilang kalah oleh Lorenzo yang memakai motor sama persis. Dan memang Rossi sering kewalahan menghadapi Lorenzo. Emosinya sering tak terkontrol saat menghadapi Lorenzo.
 Jeremmy Burgess
Siapa ayooo.. Jeremy Burgess… sodaranya Jeremy Thomas kale yah… ??? Wah ndessso banget.. katro… yo wess.. diterangno… 
Jeremy Burgess adalah chief engineer yang telah banyak menangani motor motoGP. Lahir di Australia pada tanggal 16 April 1953 (aries boyz). Ditangannyalah 3 juara Motogp lahir, yaitu Wayne Gardner, Mick Doohan dan Valentino Rossi. 
Burgess telah menghabiskan waktunya selama 20 tahun dengan Honda, dimana Gardner memenangkan motoGP tahun 1987. 
Kemudian dia bekerja untuk Doohan, dimana memenangkan 5 juara Motogp dari tahun 1994 s/d 1998. Setelah Doohan pensiun dari motogp, Burgess menangani Rossi, sehingga Rossi bisa juara MotoGP 5 kali. Tahun 2004, Rossi pindah dari Honda ke Yamaha, dan ditemani oleh Burgess dan beberapa mekanik lainnya. 
Burgess sebenarnya orang yang paling berjasa,prinsip teory 80:20 (Pareto Principless), yaitu kemenangan ditentukan 80% oleh rider, dan 20% oleh Motornya. Uniknya, setiap motor yang Burgess pegang, disesuaikan dengan cara ridernya membawa. Setting untuk Rossi sangat berbeda dibandingkan untuk Collin Edwards. Hal ini menurutnya, cara Rossi menyalip ditikungan sangat berbeda dibandingkan Collins ataupun rider lainnya… Anyway, gitulah Rossi dalam menikung sehingga layak disebut The Doctor… sehingga Rossi bisa juara walaupun memegang Yamaha. Pada waktu itu, Power Honda RC211v unggul dibandingkan dengan Yamaha, namun bagi Burgess hal itu tidak ada pengaruhnya. Dia mempunyai
Sumber Kaskus :
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=15433958
kaskuser

peepep's Avatar

UserID: 1692999
Join Date: May 2010
Location: bandung, 2
Posts: 225
peepep tidak memiliki reputasi
  

No comments:

Post a Comment