Tuesday, September 4, 2012

Serba-serbi Tentang PON XVIII di Riau

Kira-kira sebulan lalu, dunia olahraga Indonesia cukup terguncang dengan putusnya tradisi emas bulutangkis Indonesia di ajang Olimpiade. Indonesia harus puas dengan mengantongi satu perak dan satu perunggu.

Beberapa hari lagi, atlet-atlet Indonesia kembali diuji kebolehannya dalam ajang olahraga tingkat nasional, yaitu Pekan Olahraga Nasional 2012. PON XVII akan diselenggarakan di Pekanbaru, Riau mulai tanggal 11 September sampai 20 September 2012.

Mau lihat, bagaimana persiapannya? Mari kita intip persiapan apa saja sih yang sudah dilakukan PemKot Pekanbaru dan PemProv Riau demi menyambut pesta olah raga ini.


 
 VISI
TERSELENGGARANYA PON XVIII-2012 UNTUK MEMPERERAT PERSAUDARAAN DAN MENGUKIR PRESTASI OLAHRAGA NASIONAL DI BUMI LANCANG KUNING

MISI
  • Terselenggaranya PON XVIII-2012 secara profesional, lancar, aman dan nyaman;
  • Meningkatkan prasarana, sarana olahraga yang memenuhi standar;
  • Meningkatkan prestasi olahraga;
  • Meningkatkan kualitas SDM di bidang olahraga;
  • Meningkatkan partisipasi dunia usaha dan masyarakat dalam pengembangan olahraga;
Pemberdayaan ekonomi rakyat dan promosi potensi daerah.
 
LOGO & MASKOT


Arti Logo

Layar dan Gelombang
Melambangkan lambang daerah "Lancang Kuning" yang mempunyai makna:
  • Daerah Riau dialiri oleh empat sungai besar yaitu: Sungai Kampar, Sungai Rokan, Sungai Indragiri dan Sungai Siak, dimana keempat sungai tersebut merupakan sumber kehidupan yang merupakan kebesaran rakyat Riau
  • Lancang memberikan simbol bahwa kehidupan penuh dengan semangat yang berpacu menuju prestasi.
  • Gelombang laut melambangkan kedinamisan masyarakat Riau bergerak terus menerus tanpa berhenti menghantarkan kemajuan negeri.
  • Warna merah, kuning dan hijau melambangkan bahwa Riau mempunyai budaya yang tinggi.

Lingkaran Berkait
Melambangkan semangat sportifitas yang tinggi dalam persaudaraan menuju prestasi PON.

Huruf dan Angka

Menunjukkan penyelenggaraan PON XVIII Tahun 2012 Provinsi Riau.


Arti Maskot

Nama Maskot
"Bujang Serindit"


Wujud Keseluruhan Maskot
Terinspirasi dari bentuk burung Serindit yang juga sudah dijadikan simbol fauna khas Riau yang melambangkan semangat, enerjik dan kontinuitas gerakan mengejar prestasi bersumber dari rasa keinginan individual untuk memberikan sesuatu yang terbaik bagi kelompok, daerah dan prestasi nasional secara umum.

Huruf dan Angka
Menunjukkan kegiatan PON yang ke XVIII Tahun 2012 diadakan di Provinsi Riau.

Obor dengan Api yang Berkobar Menyala
Sebagai gambaran yang lebih menjurus pada rasa semangat yang menyala-nyala, tak kunjung padam dalam lingkaran makna esensial dunia keolahragaan.

Busana Melayu yang dikenakan Burung Serindit
Simbol lokalitas budaya Riau dengan penduduknya yang berbudaya Melayu dengan penonjolan ciri khas pada busana Melayu.

Selempang Dada dengan Tulisan Pekan Olahraga Nasional XVIII
Pertanda simbol kebesaran sebagai ajang pres- tisius dalam bidang olahraga yang mengede- pankan rasa sportifitas.

Tapak (Post Stage) melingkar dengan tulisan Riau 2012
Pertanda tempat dan tahun penyelenggaraan. 

LOKASI
Lokasi pelaksanaan PON terbagi di dua kota dan delapan kabupaten.
  1. Kota Pekanbaru
  2. Kabupaten Kampar
  3. Kabupaten Pelalawan
  4. Kabupaten Bengkalis
  5. Kabupaten Siak
  6. Kabupaten Rokan Hulu
  7. Kabupaten Kuantan Singingi
  8. Kota Dumai
  9. Kabupaten Indragiri Hilir
  10. Kabupaten Indragiri Hulu
Berikut ini persiapa-persiapan lain yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Riau:

Mobil Pemadam Kebakaran Siap Kawal Presiden
 
PEKANBARU: Satu unit mobil Dinas Pemadam Kebakaran telah disiapkan untuk mengawal kehadiran Presiden RI Susilo Bambang Yudoyono di Pekanbaru, Riau, untuk membuka Pekan Olahraga Nasonal ke XVIII/2012.
"Kami telah menyiagakan satu mobil pemadam kebakaran untuk mengawal kedatang Presiden RI," kata Syafril Namawi selaku Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru, di Pekanbaru, Selasa, (4/9/2012).
Satu unit mobil tersebut, demikian Syafril, telah disiagakan di Hotel Arya Duta, tempat dimana Presiden SBY singgah dan kemungkinan menginap. Nantinya, kata dia, satu unit mobil pemadam kebakaran itu akan bergerak sesuai dengan jalur tujuan presiden, termasuk saat menghadiri pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Stadion Utama Riau, tepatnya di dalam kompleks Universitas Riau (UR).
Syafril menjelaskan, selain manyiagakan mobil pemadam kebakaran untuk presiden, pihaknya juga menempatkan bebera mobil pemadam di beberapa lokasi tempat diselenggarakannya cabang olahraga.
"Namun tentunya kami tidak menyanggupi untuk seluruhnya (tiap cabang olahraga) mengingat terbatasnya jumlah armada," katanya.
Lebih rinci ia menjelaskan, saat ini jumlah armada mobil pemadam kebakaran ada sekitar 13 unit. Namun dari jumlah total itu, katanya, sebanyak satu unit mengalami kerusakan sehingga dibutuhkan perbaikan yang tentunya memakan waktu. Jadi, lanjutnya, saat ini hanya ada sebanyak 12 unit mobil pemadam yang sehat. Itu pun tidak seluruhnya bisa disiapkan untuk pengamanan PON. "Palingan hanya lima unit saja yang bisa benar-benar mengawal PON. Selebihnya tetap disiagakan untuk apabila terjadi kebakaran di lokasi umum," katanya (zar)

Polda Riau Gelar Simulasi Terpadu Pengamanan PON

PEKANBARU: Kepolisian Daerah Riau menggelar simulasi terpadu untuk pengamanan para kontingen Pekan Olahraga Nasional ke XVIII/2012 khusus bidang atau Satgas Pencegahan.

  "Simulasi ini dilaksanakan di Hotel Pangeran Pekanbaru dimulai pagi ini," kata AKBP Pandra selaku Ketua Satgas Sub Satgas Bidang Akomodasi, di Pekanbaru, Selasa, (4/9/2012).

Intinya, demikian Pandra, simulasi kali ini bertujuan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan para atlet atau kontingen Pekan Olahraga Nasional (PON).

Simulasi pengamanan ini, demikian Pandra, dimulai dengan melaksanakan koordinasi dengan bidang penyambutan dan bidang protokol untuk mengetahui jadual kedatangan para kontingen.

Kemudian pengawalan terus dilakukan hingga memasuki acara penyambutan kontingen serta koordinasi dengan bidang transportasi untuk mengetahui jumlah kendaraan setiap rombongan kontingen.

"Sesuai dengan perintah, maka Sub Satgas Akomodasi wajib juga mengetahui penempatan kontingen sesuai dengan cabang olehraganya guna pengamanan," katanya.

Setelah diketahui jadual kedatangan para kontingen, demikian Pandra, kemudian akan segera dipersiapkan personil untuk pengamanan kontingen baik pengamanan terbuka maupun tertutup serta mempersiapkan pengawalan dan pengaturan lalu lintas agar tidak menghambat perjalanan kontingen dari Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II menuju hotel.

Kemudian satu jam sebelum kontingen tiba di hotel, kata dia, tim juga telah melakukan penyiaran sekaligus laporan tugas kedinasan.

"Simulasi ini akan terus dilaksanakan hingga hari penyenggaraan PON dimulai," katanya.

Simulasi pengamanan ini, katanya, adalah untuk memberikan kenyamanan bagi para kontingen atau atlet PON.

"Simulasi pengamanan akan terus dilaksanakan. Terlebih saat akan dimulainya pembukaan PON di Stadion Utama PON," katanya.

Menpora Andi Laporkan Persiapan PON Riau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng menemui Presiden SBY di kantor Presiden Jakarta, Kamis (23/8/2012).

"Saya melaporkan ke Presiden kemajuan PON. Tadi saya menyampaikan bahwa progress berjalan terus," kata Menpora usai menemui Presiden. PON XVIII akan dilangsungkan di Riau September bulan depan.

"Memang ada kendala dengan 7 venue yang dibayar APBD. Tetapi bersama-sama dengan menteri (lain) menangani ini," kata Menpora.

Menurut Menpora dalam pertemuan diputuskan  untuk memberikan pendampingan pada PB PON yang diketuai Gubernur terutama dalam hal mempersiapkan 7 venue dan APBD sudah diketuk.

"Sehingga semuanya bisa digunakan," kata Menpora.

Menurut dia, dari laporan gubernur Riau pelaksanaan PON bisa selesai tepat waktu.

"Presiden akan membuka tanggal 11 September. Maka insya Allah semua berjalan baik.
Setelah Lebaran berbagai macam pekerjaan bisa dipercepat lagi," kata Menpora.

Pembukaan PON, Gunakan Animasi untuk Pindahkan Bono ke Tengah Lapangan 

PEKANBARU: Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Riau pada 11 September bakal benar-benar spetakuler. Panitia penyelenggara telah menyiapkan sejumlah acara yang akan membuat penonton berdecak kagum dan tertarik untuk menyaksikannya.

Salah satunya adalah dengan menggunakan teknologi animasi, akan memindahkan bono yang ada di Sungai Kampar ke lapangan Main Stadium tempat diselenggarakannya pembukaan PON. Dalam pertunjukan yang menggunakan teknologi canggih itu akan terlihat pula orang bersilancar di gelombang bono.

Konsultan Visi Multimedia Acara Pembukaan PON, Onggo IKJ kepada wartawan Selasa (4/9) di Pekanbaru mengatakan pihaknya sengaja mengangkat tema air pada acara pembukaan ini karena budaya Melayu memang berasal dari air, terutama kehidupan sungai.

Sejak dulu sebagian masyarakat Melayu memang sangat tergantung pada sungai yang mengalir di daerah ini. "Karena itulah kita sepakat untuk mengangkat air ini sebagai tema dalam acara pembukaan PON XVIII pada 11 September nanti," ungkapnya.

Adapun penggunaan teknologi animasi ini untuk menciptakan efek air di tengah-tengah lapangan yang menjadi tempat acara pembukaan PON. "Melalui penggunakan teknologi D3, seluruh penonton akan melihat pemandangan air di tengah lapangan," ungkapnya.

Menurut Onggo, jarang sekali event-event besar lainnya menggunakan teknologi animasi dalam waktu cukup lama. Hanya di pembukaan PON ini saja teknologi itu digunakan dalam waktu lama, sehingga ini bakal menjadi daya tarik yang sangat mendalam bagi para penonton.

Disebutkannya, Untuk acara pembukaan yang menggunakan teknologi canggih ini sudah dirancang sejak bulan Februari lalu. Sejumlah seniman asal Riau telah sepakat memberikan dukungan terhadap PON ini dengan menyuguhkan acara pembukaan yang spetakuler.

Onggo menyebutkan lagi, acara yang skenarionya ditulis Sastrawan Riau Taufik Ikram Jamil ini akan didukung oleh sebanyak 1.600 penari. Para penari itu direkrut dari para pelajar yang ada di Riau. "Jadi ini benar-benar persembahan orang-orang Riau untuk event olahraga terbesar nasional ini," ungkapnya lagi.(zas)

Sumber Kaskus :

http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=16279604 

newbie

arendt's Avatar

UserID: 4543200
Join Date: Jul 2012
Location: Jakarta
Posts: 19
arendt tidak memiliki reputasi

 

No comments:

Post a Comment